Gagasan awalnya adalah menyelenggarakan keynote event lokal di Institut Teknologi Bandung (ITB). Format acara direncanakan offline, namun tetap memungkinkan partisipasi secara daring. Acara ini akan menghadirkan pembicara utama (keynote speaker) yang relevan dengan tema besar CLS: konektivitas dalam pembelajaran.
Ada beberapa nama yang diajukan sebagai keynote speaker utama Salah satu nama yang muncul sebagai calon pembicara utama adalah Mas Heri Pemad, pendiri ArtJog, yang dikenal dengan pendekatannya dalam learning through art. Selain itu, ITB juga akan mengusulkan opsi pembicara lainnya yang sejalan dengan semangat CLS.
Dari sisi perencanaan, ITB menyampaikan bahwa akan ada dua jenis proposal, yaitu:
Proposal umum yang ditujukan ke MIT sebagai induk penyelenggara CLS, <br>Proposal khusus yang disesuaikan untuk kementerian dan institusi dalam negeri, tergantung dari bentuk dukungan yang dibutuhkan.
Menariknya, tim Indonesia diberi kebebasan penuh untuk merancang format acaranya, termasuk dalam hal pencarian pendanaan. Meski membawa nama besar CLS, lokalitas dan konteks Indonesia sangat dihargai dan menjadi kekuatan utama.
Untuk membantu kelancaran proses administratif dan penyusunan proposal, akan melibatkan mahasiswa S2 dari ITB. Tim ini akan menjadi mitra penting dalam memastikan seluruh dokumen dan perencanaan berjalan sesuai target. Langkah konkret berikutnya yang disepakati dalam pertemuan ini adalah briefing awal bersama tim mahasiswa S2 STEI ITB, dan membuat sesi pertemuan dengan Scot, perwakilan CLS, untuk membahas teknis penyelenggaraan local event di Indonesia.
Tentang Connected Learning Summit – Local Event Indonesia Sebagai bagian dari Connected Learning Summit, kami memperkenalkan Connected Learning Summit – Local Event Indonesia 2025, sebuah acara yang mengusung semangat CLS dan menghadirkan ruang kolaborasi untuk mengeksplorasi pertemuan antara pendidikan, media, teknologi, dan sumber daya manusia dalam konteks masa depan. Cari tahu lebih banyak tentang Connected Learning Summit Indonesia di sini.






